Wednesday, March 9, 2011


Kultwit #Islib Akmal Sjafril Dalam Mewaspadai Islam Liberal

Kultwit Akmal Sjafril (@malakmalakmal). Sangat menarik untuk dibaca, agar kita dapat mewaspadai Islam Liberal.


01. Menyambut ultah JIL, ada baiknya kita membahasnya sedikit. Semacam napak tilas sejauh apa perkembangannya. #Islib

02. Jati diri JIL sebenarnya bisa kita lihat pada situsnya http://bit.ly/ePnfGJ. Informasi ini tidak ditutup2i. #Islib

03. Di link tsb, kita bisa melihat enam landasan dr apa yg mrk sebut sbg 'Islam liberal'. #Islib

04. Landasan pertama adalah membuka pintu ijtihad pd semua dimensi Islam. #Islib

05. Kata "semua" dlm landasan pertama mmg benar2 ada. Jd bagi Islam liberal, tidak ada yg final dlm Islam. #Islib

06. Ini bertentangan dgn artikel di blog @ulil http://bit.ly/dketRK, dimana Ulil mengatakan bhw tdk semua blh diubah. #Islib

07. Dlm artikel tsb, @ulil memberi kesan bhw Islam liberal tdk mencoba mengubah2 hal yg sdh pasti dlm Islam. #Islib

08. Bagaimanapun, kata "semua" dlm landasan pertama Islam liberal, sesuai rumusan JIL, benar2 ada. #Islib

09. Landasan kedua adalah mengutamakan semangat religio etik, bukan makna literal teks. #Islib

10. Dari sini kita melihat pelaksanaan langsung dr landasan pertama, yaitu pengaburan sistem nilai. #Islib

11. Apa makna semangat religio etik? Apa batas2nya? Bagaimana mengaplikasikannya? Tidak ada batasan pasti. #Islib

12. Sebaliknya, hal yg sudah pasti (yaitu Al-Qur'an dan As-Sunnah, yg mrk sebut "teks") justru diabaikan. #Islib

13. Dgn demikian, kita bisa katakan bhw Islam liberal memang membenci keyakinan dan mencintai ketidakpastian. #Islib

14. Ini mengingatkan kita pd QS 2:2, dimana secara tegas dipastikan bhw TIDAK ADA KERAGUAN thd Al-Qur'an. #Islib

15. Hal tsb sangat kontras dgn kebatilan dan kekufuran yg selalu diasosiasikan dgn keraguan dan kegelapan. #Islib

16. Menurut landasan kedua ini, mengikuti Qur'an dan Sunnah saja akan melumpuhkan Islam. #Islib

17. Sedangkan solusi yg mrk tawarkan adalah mengikuti semangat religio etik, yg tdk jelas batasannya spt apa. #Islib

18. Pdhal, batasan kebenaran di masing2 agama jelas berbeda2. Sangat mungkin JIL mengambil ajaran dr luar Islam. #Islib

19. Mengenai hal ini, sudah tdk ditutup2i lagi. Banyak aktifis #Islib yg mengaku mengambil ajaran dr luar Islam.

20. Landasan ketiga adalah mempercayai kebenaran yang relatif, terbuka dan plural. #Islib

21. Relativisme adalah ideologi yg kontroversial, bahkan dianggap aneh oleh sebagian org. #Islib

22. Relativisme membuat org senantiasa merasa tidak pasti, sehingga selalu kebingungan. #Islib

23. Relativisme jg memberi kesan seolah2 manusia tidak pernah tahu apa itu kebenaran. #Islib

24. Ini, tentu saja, sangat kontradiktif dengan pemujaan #Islib thd akal. Bahkan wahyu pun dikorbankan.

25. Jadi, dlm hal mengubur wahyu, #Islib sangat memuja akal. Namun ketika mrk dikritik, mrk bilang akal itu relatif.

26. Ketika org menyampaikan pendapat, mrk tuduh klaim kebenaran. Pdhal relativisme itu jg sebuah klaim kebenaran. #Islib

27. Dgn kata lain, relativisme itu sendiri adalah absolutisme terselubung. #Islib

28. Tdk jauh beda dgn para pemimpin negara komunis. Rakyat disuruh prihatin, mrk sendiri hidup bagai raja. Itulah #Islib.

29. Landasan keempat adalah memihak pada yang minoritas dan tertindas. #Islib

30. Landasan keempat ini, dlm konteks Indonesia, menjelaskan mengapa #Islib tak pernah memihak pd Islam. Krn mayoritas.

31. Di sisi lain, relativitas nilai dan kekaburan agama yg mrk tumbuhkan jg membuat rancu definisi "tertindas". #Islib

32. Sbg contoh, apakah Ahmadiyah itu tertindas krn dilarang, atau Islam yg tertindas krn dipaksa mengakui Ahmadiyah? #Islib

33. Jawaban atas pertanyaan ini sangat ditentukan oleh sistem nilai yg kita pegang. #Islib

34. Jika berpegang pd Qur'an dan Sunnah, maka Ahmadiyah-lah yg telah menodai ajaran Islam. Islam ditindas. #Islib

35. Namun jika berpegang pd hal2 lain, misalnya kebebasan tanpa batasan, maka Ahmadiyah-lah yg dibilang tertindas. #Islib

36. Tentu saja, kita sudah tahu sistem nilai yg dipegang oleh #Islib, yaitu relativisme. Jd jelas mrk akan bela Ahmadiyah.

37. Kita dpt melihat dgn jelas betapa penilaian baik dan buruk, benar dan salah itu tdk selalu universal. #Islib

38. Sistem nilai yg kita yakini, terutama agama, akan menentukan cara kita membedakan benar dan salah. #Islib

39. Dlm hal ini, krn sdh membuat sistem nilai yg dianggap superior drpd Islam, maka #Islib bisa disebut sbg agama baru.

40. Landasan kelima lbh memperjelas ideologi #Islib : meyakini kebebasan beragama.

41. Ada dua poin yg digunakan dlm menjelaskan landasan kelima ini, sbgmn bs dibaca pd situs resmi JIL. #Islib

42. Pertama, beragama maupun tidak beragama adalah hak seluruh manusia. #Islib sepenuhnya mendukung atheisme.

43. Kedua, #Islib tdk mendukung persekusi atas dasar kepercayaan.

44. Definisi "persekusi" ini pun menjadi 'pasal karet', krn tergantung sistem nilai yg kita pegang. #Islib

45. Hukuman mati bisa dianggap solusi yg baik, namun ada jg yg bilang melanggar HAM. Krn beda nilai. #Islib

46. Dgn demikian, hukum yg ditegakkan oleh syariat bisa saja dianggap sbg persekusi, krn dasarnya keyakinan. #Islib

47. Inilah wajah asli sekuler yg sudah sering saya bahas: anti segala sesuatu yg berbau agama. #Islib

48. Gagasan apa pun, secemerlang apa pun, jika dari agama atau keyakinan, maka hrs ditolak. #Islib

49. Landasan keenam adalah memisahkan otoritas duniawi dan ukhrawi, otoritas keagamaan dan politik. #Islib

50. Landasan terakhir ini adalah esensi paling jelas dari ideologi sekularisme, sebuah ideologi yg penuh dualisme. #Islib

51. Apa makna dr pemisahan otoritas duniawi dan ukhrawi? Apakah Tuhan tdk punya otoritas di dunia? #Islib

52. Pdhal, dlm Islam dan agama2 lainnya, apa yg kita perbuat di dunia berimplikasi di akhirat. #Islib

53. Jika di dunia Tuhan tdk punya otoritas, lantas apa bahan pertimbangan utk di akhirat kelak? #Islib

54. Islam tdk mengenal dualisme tsb. Dunia adalah lahan mencari bekal utk di akhirat. #Islib

55. Di dunia beribadah kpd Allah, di akhirat hidup di surga-Nya dlm keridhaan-Nya. Itulah esensi hidup mnrt Islam. #Islib

56. Tentu saja, landasan berpikir #Islib ini menjadi kontradiktif dan tumpang tindih. Konsep akhirat hrs mrk perhitungkan.

57. Oleh krn itu, mrk pun menciptakan 'rekayasa' berikutnya, yaitu membangun konsep akhiratnya sendiri. #Islib

58. Misalnya, mrk beretorika bhw kalau hanya umat Islam yg di surga, maka kita akan kesepian di dlmnya. #Islib

59. Mrk jg berkhayal bhw surga memiliki banyak pintu, dan masing2 umat agak masuk melalui pintu agamanya msg2. #Islib

60. Imajinasi semacam ini sdh pasti tdk sejalan dgn Qur'an dan Sunnah. Semua dpt menilai dgn mudah. #Islib

61. Konsep kesepian tdk pernah ada dlm konteks penghuni surga. Tdk ada penghuni surga yg kesepian. #Islib

62. Jgnkan kesepian, bahkan penghuni surga tak merasa sedih melihat nasib para penghuni neraka. (QS 7:44) #Islib

63. Ini krn Allah telah mencabut perasaan tdk nyaman dr hati mrk, dan mrk selalu ridha dgn ketetapan Allah. #Islib

64. Simaklah QS 7:50, ketika pr penghuni neraka meminta air, dan penghuni surga menolak permintaannya. #Islib

65. Alasannya? Krn Allah telah mengharamkannya bagi para penghuni neraka. #Islib

66. Dari segala segi, landasan berpikir ala #Islib senantiasa bertentangan dgn Qur'an dan Sunnah.

67. Krn itu, salah satu modus operandi mrk adalah melakukan penyerangan thd kedua referensi umat Islam tsb. #Islib

68. Dlm hal ini, para aktivis #Islib senantiasa mengulang2 teori2 kaum orientalis. Tidak pernah ada yg baru.

69. Walaupun mrk selalu menyebut dirinya "pembaharu", namun gagasan2 mrk sebenarnya sudah berusia ratusan tahun. #Islib

70. Terminologi yg mrk gunakan skrg tdk ada bedanya dgn gagasan2 Soekarno sejak th 1930-an. #Islib

71. Ketika itu Soekarno mencela para ulama fiqih, memuji sekularisme, memuja akal, dan seterusnya. #Islib

72. Dahulu Soekarno didebat keras oleh Moh. Natsir. Anehnya, argumen2 yg sama masih diulang2 hingga kini. #Islib

73. Dulu Soekarno mengutip buku Ali Abdurraziq, kemudian Nurcholish Madjid mengulanginya. #Islib

74. Sampai skrg pun masih ada aktivis #Islib yg mengutip pemikiran Ali Abdurraziq tsb. Tidak ada kemajuan.

75. Ada jg aktivis muda #Islib yg mendiskreditkan hadits dgn teori2 Joseph Schact, Goldziher, Margoliouth dll. #Islib

76. Pdhal teori2 tsb sdh dibantah tuntas oleh Syaikh al-A'zhami. Dgn sampai skrg blm ada yg membantah balik. #Islib

77. Jgn heran kalau di toko2 buku terkemuka tiba2 ketemu buku Joseph Schacht. Berkat lobi siapa? #Islib

78. Pemikiran2 #Islib, krn tdk punya landasan yg kuat (krn selalu relatif), maka akan selalu rapuh.

79. Itulah sebabnya kita jarang sekali menemukan buku2 karya mrk yg BUKAN kumpulan artikel. #Islib

80. Jgn buru2 kagum dgn buku2 karya Nurcholish Madjid atau Gus Dur yg tebal2. Kebanyakan kumpulan artikel. #Islib

81. Dlm buku #ArsitekPeradaban, @anismatta jgn menyindir org yg menyebut dirinya cendekiawan stlh menulis 1 buku saja. #Islib

82. Pdhal, buku itu adalah kumpulan tulisannya selama 10 tahun. #Islib

83. Itulah #Islib. Pemikirannya penuh dgn inkonsistensi. Konsep2 mrk berserak bagai daun gugur.

84. Oleh krn itu, rekayasa yg mrk lakukan pun senantiasa berkembang. Mrk selalu cari 'celah' baru. #Islib

85. Jgn bandingkan dgn Islam yg memang kokoh sejak dulu, tdk plintat-plintut. #Islib

86. Skrg, #Islib jg mulai memasuki ranah politik. Para aktivisnya ramai2 menyeberang ke berbagai partai.

87. Krn pegangannya tdk kukuh, maka hingga detik ini pun definisi Islam liberal msh blm jelas. #Islib

88. Orang utan bkn orang, buaya darat bkn buaya. Islam liberal sdh jelas jatidirinya. #Islib

89. Marilah berpegang teguh pd tali Allah dan jgn bercerai-berai. Pegang teguhlah Qur'an dan Sunnah, insya Allah aman dr #Islib

0 comments:

Post a Comment