Dalam langkah awal sebelum membuat website atau blog adalah menentukan nama domain, sebagai alamat website atau blog. Tentu sebagai pemilik dari website atau blog, kita menginginkan banyak pengunjung yang hadir ke website kita bukan.
Search Engine (mesin pencari) dapat membantu kita dalam menghadirkan pengunjung, Google sebagai mesin pencari memiliki 71.40% dari seluruh pencarian di mesin pencari (01 Mei 2010 - hitwise.com). Tentu peluang kita untuk mendapatkan pengunjung lebih besar dengan memiliki Link halaman website kita yang berada di halaman pertama Google. Atau meningkat lagi di peringkat 5 besar halaman pertama Google.
Dalam pencarian di mesin pencari, keyword (kata kunci) pada pengetikan sangat penting, untuk itu domian yang harus kita pakai adalah domain yang memiliki keyword yang banyak dicari oleh orang. Untuk menganalisanya kita bisa menggunakan Adwords Keyword Tool External, yang merupakan tools dari Google Adwords dalam membantu advertiser menentukan kata kunci sebagai pemasang iklan.
Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema untuk Website atau Blog yang akan kita bangun.
Cara menggunakan Adwords Keyword Tool adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal , dan akan muncul popup Security Check yang harus kamu masukan kodenya:
Selanjutnya akan tampil tampilan baru berikut:
Search Engine (mesin pencari) dapat membantu kita dalam menghadirkan pengunjung, Google sebagai mesin pencari memiliki 71.40% dari seluruh pencarian di mesin pencari (01 Mei 2010 - hitwise.com). Tentu peluang kita untuk mendapatkan pengunjung lebih besar dengan memiliki Link halaman website kita yang berada di halaman pertama Google. Atau meningkat lagi di peringkat 5 besar halaman pertama Google.
Dalam pencarian di mesin pencari, keyword (kata kunci) pada pengetikan sangat penting, untuk itu domian yang harus kita pakai adalah domain yang memiliki keyword yang banyak dicari oleh orang. Untuk menganalisanya kita bisa menggunakan Adwords Keyword Tool External, yang merupakan tools dari Google Adwords dalam membantu advertiser menentukan kata kunci sebagai pemasang iklan.
Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema untuk Website atau Blog yang akan kita bangun.
Cara menggunakan Adwords Keyword Tool adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal , dan akan muncul popup Security Check yang harus kamu masukan kodenya:
Selanjutnya akan tampil tampilan baru berikut:
2. Klik pada kata “Advanced options."
- Tentukan Lokasi pencarian dan bahasa yang digunakan, karena kita ada di Indonesia maka sebaiknya kamu memilih lokasi Indonesia, dan bahasa dapat dipilih All language atau Bahasa Indonesia.
- Show stats for mobile, klik jika kamu ingin hasil pencarian termasuk dari pencarian mobile.
- Filter keywords, gunakan fungsi ini untuk mendapatkan penyaringan hasil, misal kamu hanya ingin menampilkan pencarian bulanan hanya lebih besar dari 1.000, maka tuliskan angka 1.000 pada kolom.
- Terakhir Isikan kolom Word or phrase (one per line) dengan keyword (kata kunci) yang berhubungan dengan tema website, kamu dapat memasukkan lebih dari 1 kata, dengan syarat 1 baris untuk 1 kata (gunakan enter).
3. Contoh, saya gunakan pencarian kata “teknologi,” maka akan mucul hasil berikut:
4. Selanjutnya kamu dapat download hasil yang telah dicari sebagai sumber data. Klik tombol Download >> Download all. Dan kamu akan diberi pilihan dalam berbagai Format, pilih Format CSV for Excel.
- Yang harus kamu perhatikan adalah 3 topik berikut “Global Monthly Searches”, “Local Monthly Searches”, dan “Local Search Trends”.
- “Local Monthly Searches,” menampilkan total hasil pencarian dari bulan sebelumnya. Sedangkan “Global Monthly Searches” adalah hasil rata-rata hasil bulanan dari hasil 12 bulan terakhir. Jadi yang harus kamu perhatikan sekali adalah “Local Monthly Searches” dan mengurutkan data berdasarkan topik tersebut.
- Kamu dapat klik pada topik “Local Monthly Searches” atau klik tombol “Shorted by."
4. Selanjutnya kamu dapat download hasil yang telah dicari sebagai sumber data. Klik tombol Download >> Download all. Dan kamu akan diberi pilihan dalam berbagai Format, pilih Format CSV for Excel.
Kamu telah memiliki data sebagai acuan untuk nama domain yang akan kamu pakai. Pilihlah keyword yang memiliki “Local Monthly Searches” yang memiliki nilai lebih besar atau sama dengan 10.000 pencarian.
Semoga hal ini dapat membantu bagi kamu yang kesulitan dalam menentukan nama domain untuk website atau blog kamu, namun jika kamu hendak membuat website untuk sebuah brand, lebih baik gunakan domain dengan nama brand tersebut.
Sy sudah pilih negara indonesia dan bahasa inggris di adword nya, mau tanya kalo global monthly searches itu apakah pencarian dari global seluruh dunia?
ReplyDeleteBenar, “Global Monthly Searches” adalah hasil rata-rata hasil bulanan dari hasil 12 bulan terakhir, dan "Global" mengacu pada pencarian dari semua negara dan bahasa.
ReplyDeleteNah, ini dia tempat yang gw cari buat nanya. Bung Denis Stya, kalo Google Keyword External Tools di PC saya, tampilannya dalam bahasa Indonesia, terus kalo saya mau cari berapa perkiraan rata-rata nilai dollar per keywordnya, selalu hang, ndak bisa, gimana settingannya, supaya tampilannya dalam bahasa Inggris.
ReplyDeletemungkin mas Nanang menggunakan browser Google Chrome yah, browser tsb menyesuaikan lokasi dan bahasa.
ReplyDeleteSebaiknya jangan Login ke akun Gmail, dan buka Link Keyword External tools di browser Firefox.
bila ingin ttp di Chrome, seting bahasa ke dlm English. Setting >> Pilihan >> tab Di Balik Terpal >> pilih Ubah Setelant Font dan Bahasa >> pilih Bahasa >> Ganti ke English.
mantap nih ulasannya...makasih ya kang atas infonya
ReplyDeleteterima kasih infonya mas
ReplyDeletemantap mas....saya juga lagi mau milih nama domain
ReplyDeleteyang cocok untuk blog saya
dengan info ini jadi tau thnx mas
indosourcecode.co.cc